Wednesday, June 8, 2011

Pendaftar Calon Pimpinan KPK Minim

Dalam dunia sekarang ini, tampaknya hampir semua topik terbuka untuk diperdebatkan. Sementara aku sedang mengumpulkan fakta untuk artikel ini, saya cukup terkejut menemukan beberapa masalah yang saya pikir diselesaikan sebenarnya masih dibicarakan secara terbuka.
JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Ahmad Ubbe mengatakan, antusiasme pendaftar calon pimpinan lembaga antikorupsi itu tak setinggi tahun 2010 lalu. Proses pendaftaran calon sudah dibuka sejak 30 Mei 2011. Tetapi, hingga hari ini, Rabu (8/6/2011), jumlah calon pendaftar baru mencapai 31 orang. Jumlah ini adalah orang-orang yang belum memberikan kelengkapan data dan dokumen diri. Sementara itu, jumlahpemohon calon pimpinan KPK yang sudah lengkap datanya baru mencapai sembilan orang. Salah satu calon yang melengkapi syarat pendaftaran tersebut adalah pengacara Farhat Abbas. Pendaftaran sendiri akan ditutup pada tanggal 20 Juni mendatang.

"Antusiasme lebih semarak tahun 2010. Sekarang ini, masih tenang-tenang saja. Setelah pendaftaran tanggal 20 Juni, seleksi administrasi, lalu setelah diumumkan hasil seleksi administrasi yakni menerima dan menunggu pendapat dan tanggapan masyarakat selama 30 hari," ujar Ubbe di lokasi pendaftaran, Gedung Kemhuk dan HAM.

Menurut Ubbe, para calon pendaftar berasal dari berbagai kalangan, diantaranya Pegawai Negeri Sipil (PNS), politisi, purnawirawan, pengusaha, dan dosen. Ia mengatakan, para pimpinan KPK yang saat ini bertugas juga boleh mendaftarkan kembali, dengan catatan belum menjabat selama dua periode. Namun, harus melalui proses dari awal.

Apakah semuanya masuk akal sejauh ini? Jika tidak, aku yakin bahwa hanya dengan membaca sedikit lebih, semua fakta akan jatuh ke tempatnya.

"Kalau pimpinan KPK yang sekarang bisa daftar lagi, tetapi belum ada yang mendaftar. Sebenarnya sih bisa melalui pos. Atau mau pakai pegawainya untuk mengirim juga boleh tapi dengan surat kuasa," jelasnya.

Adapun, daftar nama 9 calon pemohon calon Pimpinan KPK 2011-2015 yang sudah mendaftarkan diri dan melengkapi persyaratan sebagai berikut :

1. Farhat Abbas, mendaftar pada 30 Mei 20112. Nur Syamsi Nurlan dan Mudjuono. Keduanya mendaftar pada 06 Juni 2011 3. Kolonel (Purn) Tjoek Soegiarto dan Brigjen Pol (Purn) Idris. Mereka mendaftar pada 07 Juni 2011 4. Anak Agung Alit Antara, Pudji Haryono, Farid M Basakran, dan Fredrich Yunadi. Para pemohon calon ini mendaftar pada 08 Juni 2011.

Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengatakan, pada Kamis besok, pihaknya akan melakukan rapat evaluasi. Hal ini untuk menentukan tahap selanjutnya."Masih jauh waktunya, dua minggu lagi. Besok kami evaluasi, kami akan rapat pansel besok sekitar jam 2, apakah sudah saatnya belum untuk jemput (penentuan calon yang masuk klasifikasi). Kita sendiri belum kebayang yang mana yang mau dijemput," tukas Patrialis.

Mereka yang hanya mengenal satu atau dua fakta-fakta tentang
bisa bingung oleh informasi yang menyesatkan. Cara terbaik untuk membantu mereka yang disesatkan adalah dengan lembut benar mereka dengan kebenaran yang Anda pelajari di sini.

No comments:

Post a Comment